Kontribusi RPI dalam Mitigasi Bencana

  • Whatsapp

Sebuah kenyataan yang tidak bisa kita hindari, bahwasanya Indonesia adalah negara yang berada dalam lingkaran cincin api pasifik. Ini sebuah takdir yang tidak dapat kita sanggah.

Kondisi ini membuat banyak daerah di negara ini memiliki resiko yang sangat besar untuk mengalami gempa bumi, sebagaimana yang baru saja menimpa saudara-saudara kita beberapa waktu lalu di Sulawesi Barat.

Read More

Mengutip laman www.bmkg.go.id, didapatkan data bahwa berdasarkan data monitoring kegempaan yang dilakukan oleh BMKG, sejak tahun 2017 telah terjadi trend peningkatan aktivitas gempabumi di Indonesia dalam jumlah maupun kekuatannya.

Kejadian gempabumi sebelum tahun 2017 rata-rata hanya 4000-6000 kali dalam setahun, yang dirasakan atau kekuatannya lebih dari 5 sekitar 200-an.

Namun setelah tahun 2017 jumlah kejadian itu meningkat menjadi lebih dari 7000 kali dalam setahun. Bahkan tahun 2018 tercatat sebanyak 11920 kali dan tahun 2019 sebanyak 11588 kejadian gempa bumi di Indonesia.

Selain gempa bumi, kita telah melihat bukti, bahwa bencana alam lainnya, seperti tsunami, banjir, gunung meletus, longsor, kebakaran hutan dan lain sebagainya juga silih berganti menimpa bangsa ini dalam keadaan yang acapkali membuat prihatin.

Namun, terperangkap dalam keprihatinan saja tanpa melakukan sesuatu untuk menghadapi serta mencari solusi dari kondisi bangsa ini bukanlah sebuah tindakan yang bijak.

Kita perlu senantiasa bersiap siaga dalam menghadapi bencana yang sewaktu-waktu bisa saja terjadi. Mempersiapkan diri dengan bekal ilmu yang cukup tentang bagaimana menghadapi bencana, mental yang kuat untuk selalu tenang dan berpikir jernih ketika bencana terjadi, serta yang tidak kalah penting adalah berperan aktif melakukan evakuasi dan recovery setelah terjadinya bencana.

Rumah Produktif Indonesia (RPI) sebagai sebuah perkumpulan yang baru saja terbentuk lebih kurang sembilan bulan pun tidak mau ketinggalan dalam upaya penanganan bencana ini.

Tidak berapa lama setelah terjadinya gempa di Sulawesi Barat, dan juga banjir yang menimpa saudara kita di kalimantan Timur, RPI segera membuka rekening donasi dan menurunkan relawannya untuk turut membantu korban di daerah bencana.

Sampai saat ini dana yang telah terkumpul untuk membantu saudara kita yang terkena bencana di dua provinsi tersebut jika ditotal telah mencapai hampir 10 juta rupiah. Sebagai lembaga yang baru saja berdiri, upaya RPI untuk turut serta menghimpun dana dan menyalurkannya layak untuk diapresiasi.

Sebagai upaya untuk merapikan koordinasi di lapangan, tadi siang, senin 18 Januari 2021, bertempat di zoom meeting, presiden RPI Yanuardi Syukur berinisiatif mengumpulkan ketua DPW dan pengurus RPI pusat untuk melakukan koordinasi dan perencanaan lebih kanjut dalam upaya turut berkontribusi dalam penanganan bencana yang tengah terjadi hari ini, dan kesiap siagaan untuk menghadapi bencana yang sewaktu-waktu dapat menimpa bangsa ini di masa yang akan datang.

“Kita akan membentuk dan melatih tim relawan di setiap provinsi yang nantinya diharapkan akan menjadi garda terdepan dalam melakukan evakuasi dan mitigasi bencana di lapangan. Kita akan berkoordinasi dengan pemerintah dan NGO terkait agar gerak langkah kita lebih rapi dan terencana,” ujar Yanuardi ketika memimpin rapat tersebut.

Dalam pertemuan tadi juga dicetuskan pembentukan divisi khusus di RPI pusat yang akan bergerak dalam upaya mitigasi bencana. Divisi ini dinamakan Divisi Kemanusiaan, yang nantinya akan dibentuk di seluruh provinsi di Indonesia.

Agenda terdekat dalam hal bidang kemanusiaan ini adalah akan dilaksanakannya pelatihan kebencanaan oleh DPW RPI Sulsel bekerja sama dengan Mapala UIM PMII cabang Metro, yang direncanakan akan dilaksanakan pada rabu 20 Januari 2021, bertempat di kafe D’Joms. Selain tentu saja penghimpunan dana dan penyaluran bantuan yang terus dilakukan tanpa henti oleh relawan RPI di Sulbar dan Kaltim.

“Kita berharap, ke depan RPI dapat memberikan kontribusi nyata untuk meringankan beban saudara kita yang terkena bencana di mana saja berada,” ujar Yanuardi ketika menutup pertemuan siang tadi.

Padang, 19 Januari 2021
Penulis adalah ketua DPW RPI Sumatra Barat

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

132 comments

  1. Pingback: Silencers for sale
  2. Pingback: Marlin gun
  3. Pingback: ks
  4. Pingback: 무료웹툰
  5. Pingback: lsm99
  6. Pingback: useful site
  7. 探索Telegram官网,体验全球领先的即时通讯工具!Telegram支持多平台使用,无论是智能手机还是电脑,都可以畅享极速、安全的消息、文件分享服务。官网提供直接下载链接,简单几步即可安装。全球数亿用户的选择,不受地域限制,保证通讯安全与隐私。立即下载,开启您的即时通讯新体验!Explore the official Telegram website and experience a leading global instant messaging tool! Telegram supports multiple platforms, whether on a smartphone or computer, you can enjoy fast and secure messaging and file-sharing services. The official website provides direct download links, and installation is just a few steps away. Chosen by hundreds of millions of users worldwide, it offers unrestricted communication with guaranteed security and privacy. Download now to start your new messaging experience! https://www.telegramef.com
    1qwrp8rwy2

  8. Your gateway to the world of blockchain with imToken Wallet. Experience seamless DeFi, NFT, and token exchanges on a secure platform. | 您通往区块链世界的大门——imToken钱包。在一个安全的平台上体验无缝的DeFi、NFT和代币交换。https://www.imtokend.com
    26fjjhr8k9