Universitas Darunnajah (UDN): Memperkuat Kolaborasi dengan BPKH dan Rumah Zakat Indonesia dalam Buka Puasa Bersama

  • Whatsapp

Jakarta, RUMAHPRODUKTIFINDONESIA.COM – 28 Maret 2024, Universitas Darunnajah (UDN) adalah perguruan tinggi swasta berbasis pesantren wakaf yang berada di bawah Yayasan Darunnajah. Universitas ini didirikan pada 20 Juni 2022 sebagai gabungan dari STAI Darunnajah Jakarta, STIE Darunnajah, dan STAI Darunnajah Bogor. Dalam visinya, Universitas Darunnajah berkomitmen mencetak insan masa depan melalui program pendidikan unggul yang berlandaskan nilai-nilai keislaman dan kebangsaan.

Universitas Darunnajah (UDN) juga tengah mengembangkan berbagai program dan kegiatan yang bergerak dalam berbagai bidang baik dari Pesantren Mahasiswa (Pesma), Pusat Studi Pesantren dan Wakaf, Halal Center, sampai Laziz Darunnajah. Laziz Darunnajah merupakan lembaga amal yang telah memberikan kontribusi besar dalam memberikan beasiswa dan bantuan kemanusiaan kepada masyarakat sekitar. Dengan adanya Laziz Darunnajah, Universitas Darunnajah berkomitmen untuk terus memberikan dampak positif bagi masyarakat melalui pendidikan dan bantuan sosial yang berkelanjutan.

Read More

Dengan berbagai program dan kegiatan yang positif tersebut, Universitas Darunnajah (UDN) dipercayai untuk melakukan kolaborasi bersama Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) dan Rumah Zakat Indonesia dalam melakukan Buka Puasa Bersama pada Rabu, 27 Maret 2024. Acara ini bertujuan untuk mempererat hubungan antarlembaga serta meningkatkan kerjasama dalam upaya kemanusiaan dan sosial.

Menariknya, acara ini akan menghadirkan pembicara dari tokoh terkemuka, antara lain Dr. K.H Sofwan Manaf, M.Si dan K.H. Hadiyanto Arief, S.H. M.Bs., selaku Presiden Universitas Darunnajah, serta Drs. Heru Budi Hartono, M.M., selaku Pelaksana Tugas Gubernur DKI Jakarta. Turut hadir juga Fadlul Imansyah, S.E., M.M., CIFP., AAK., Ketua BPKH, dan Irvan Nugraha, S.H., M.M, CEO Rumah Zakat Indonesia. Tak ketinggalan, Dr. H. Ashabul Kahfi, M.Ag., Ketua Komisi VIII DPR RI, serta Fiki Naki, seorang Influencer Indonesia yang dikenal luas.

Selain dihadiri oleh tokoh terkemuka tersebut, buka puasa bersama ini juga turut mengundang berbagai tamu yang turut memeriahkan acara ini, diantaranya: Prof. Dr. Phil. H. Kamaruddin Amin, M.A., (Dirjen Bimas Islam Kemenag); Prof. Hilman Latief, M.A., Ph.D., (Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag RI); Prof. Dr. H. Waryono Abdul Ghafur, M.Ag., (Direktur Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag RI); Agus Ramdani, (Camat Pesanggrahan yang mewakili Gubernur DKI Jakarta); K.H. Bustomi Ibrahim, M.Ag., Ph.D., (Ketua Yayasan Darunnajah); Drs. K.H. Mustofa Hadi Chirzin, (Wakil Ketua Dewan Nazir Darunnajah); H. Din Wahid, Ph.D (Sekertaris LPP PP Muhammadiyah); Dr. K.H. Yusnar Yusuf Rangkuti, M.Sc., (Ketua MUI Bidang Kerukunan Antar Umat Bersama); Dr. M. Dawud Arif Khan, S.E., M.Si., Ak., C.P.A., (Dewan Pengawas BPKH RI); Bpk. Amri Yusuf, S.E., Ak, C.A., M.M., (Badan Pelaksana BPKH RI); Prof. Dr. M. Arief Mufraini, Lc., M.Si., (Badan Pelaksana BPKH RI); Ibu Sulistyowati, (Badan Pelaksana BPKH RI).

Salah satu tamu undangan dalam acara buka puasa bersama ini ialah Prof. Dr. M. Arief Mufraini, Lc., M.Si., selaku Badan Pelaksana BPKH RI, beliau merupakan salah satu alumni terkemuka dari Darunnajah yang telah memberikan kontribusi yang luar biasa dalam pengelolaan dana haji nasional. Sebelumnya, Prof. Arief juga telah berpartisipasi sebagai pembicara dalam beberapa kegiatan internal Universitas Darunnajah, termasuk dalam acara Sarasehan Alumni Darunnajah.

Tidak hanya agenda buka puasa bersama ini, Universitas Darunnajah (UDN) dan BPKH telah menjalin hubungan kerjasama yang harmonis dan telah berjalan untuk waktu yang lama. Sebelumnya, perguruan tinggi ini telah aktif dalam mengikuti kegiatan BPKH, termasuk sosialisasi tentang dana haji, yang menegaskan komitmen mereka untuk terlibat dalam upaya sosial dan kemanusiaan yang lebih luas.

Universitas Darunnajah (UDN), dengan segala program dan kegiatan positifnya, terus membuktikan dirinya sebagai agen perubahan yang signifikan dalam memajukan kesejahteraan masyarakat dan memperkuat ikatan sosial yang ada. Acara Buka Puasa Bersama ini merupakan komitmen bersama untuk membangun hubungan yang harmonis dan saling mendukung antara berbagai lembaga dan masyarakat.

Saat ini universitas Darunnajah (UDN) memiliki 3 fakultas yaitu Fakultas Agama Islam (FAI) dengan prodi Manajemen Pendidikan Islam (MPI) yang berkonsentrasi pada manajemen pesantren. Program studi ini merupakan program unggulan sebagai implementasi dari UU no 18 tahun 2019 tentang pesantren dan bentuk eksistensi Pesantren Darunnajah yang memasuki umur 82 tahun dari masa perintisan.

Kemudian Program Studi Hukum Keluarga Islam yang berfokus kepada pembentukan keluarga Sakinah, Mawaddah warahmah. Keluarga sebagai institusi pendidikan pertama harus mendapatkan penguatan sehingga tercipta generasi unggul.

Ada juga program studi pendidikan Guru Anak Usia Dini dan Guru Sekolah Dasar. Program ini ini menguatkan program lain salam kaitannya dengan pendidikan keluarga.

Sebagai universitas yang lahir dari pesantren Metropolitan, universitas Darunnajah (UDN) juga membuka fakultas Bisnis dengan program studi bisnis digital, Entrepreneurship dan Administrasi Bisnis.

Program ini merupakan perwujudan dari sosok wakif KH. Abdul Manaf Mukhayyar seorang saudagar yang cinta ilmu sehingga mewakafkan harta dan dirinya untuk mendirikan pesantren Darunnajah.

Selain itu universitas Darunnajah (UDN) membuka Fakultas Saintek dengan program studi Rekayasa perangkat lunak, Sistem Teknologi informasi dan Sains Aktuaria. Program-program ini sebagai jawaban bahwa Darunnajah beserta pesantren lainnya bisa terus berinovasi dalam pendidikan.

Dengan tiga fakultas ini maka diharapkan bisa lahir para alumni dengan tiga kategori yaitu Ulama, Aghnia dan Umara atau teknokrat. Dengan adanya kolaborasi antara Universitas Darunnajah (UDN) dan Badan Pengelolaan Keuangan Haji (BPKH) serta rumah Zakat dan Lazis Darunnajah diharapakan bisa mempercepat terbentuknya SDM unggul tersebut.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

29 comments

  1. Thanks I have recently been looking for info about this subject for a while and yours is the greatest I have discovered so far However what in regards to the bottom line Are you certain in regards to the supply.

  2. I would claim that a true assistance is involved in producing excellent posts. It’s my first time visiting your website, and I’m amazed at how much research you did to produce such a fantastic article. Fantastic work!

  3. Bwer Pipes: Your Key to Agricultural Success in Iraq: Count on Bwer Pipes to provide you with high-quality irrigation solutions designed to meet the demands of Iraqi farming. Our cutting-edge sprinkler systems and reliable pipes ensure precise water distribution, contributing to healthier crops and increased profitability. Visit Bwer Pipes

  4. I loved as much as youll receive carried out right here The sketch is attractive your authored material stylish nonetheless you command get bought an nervousness over that you wish be delivering the following unwell unquestionably come more formerly again as exactly the same nearly a lot often inside case you shield this hike

  5. Thanks for one’s marvelous posting! I genuinely enjoyed reading it, you are a
    great author.I will always bookmark your blog and definitely will come back someday.
    I want to encourage you to ultimately continue your great posts, have a nice evening!

  6. Путешествие на поезде теперь стало еще
    проще и удобнее благодаря мобильному приложению РЖД.
    С его помощью вы можете
    не только бронировать билеты, но и управлять своими поездками, не выходя из
    дома. Скачать приложение РЖД пассажирам можно
    абсолютно бесплатно прямо на ваш телефон и начать пользоваться всеми преимуществами незамедлительно.

    С помощью приложения вы легко найдете
    нужное направление, выберете оптимальное время поездки и оформите билеты без лишних хлопот.
    Скачать бесплатно приложение
    РЖД пассажирам — это значит
    всегда иметь под рукой все необходимое для путешествия на железнодорожном транспорте.
    Начните использовать скачать приложение
    РЖД бесплатно на телефон уже сегодня и
    оцените все преимущества современных технологий!
    Скачать приложение в App Store.

  7. I was curious if you ever thought of changing the page layout of your site? Its very well written; I love what youve got to say. But maybe you could a little more in the way of content so people could connect with it better. Youve got an awful lot of text for only having 1 or two images. Maybe you could space it out better?

  8. Hello to every one, the contents present at this web site are actually awesome
    for people experience, well, keep up the nice work fellows.

  9. I have learned result-oriented things out of your blog post. One other thing I have found is that typically, FSBO sellers will certainly reject anyone. Remember, they would prefer to not use your expert services. But if an individual maintain a gradual, professional connection, offering assistance and keeping contact for four to five weeks, you will usually have the capacity to win an interview. From there, a listing follows. Cheers