Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama, Yanuardi Syukur: Kekuatan Hati Sang Pembuka Jalan

  • Whatsapp

rumahproduktifindonesia.com, (19/11/2022) – Tak berlebihan jika sebagian orang melihat begini: “Sejarah dibentuk para pahlawan.” The Big Man, dalam konsep antropologi; “orang besar” yang kebesarannya berdampak signifikan bagi perjalanan komunitas. Orang besar memiliki jiwa yang besar. Bung Karno adalah orang besar, yang kebesarannya membawa bangsa Indonesia hingga ke gerbang pintu kemerdekaan, plus membawa negara-bangsa pasca-perang dunia kedua tersebut menjadi bangsa besar. Setiap hari, minggu, bulan, bahkan tahun orang-orang membicarakannya, orang Indonesia bahkan orang luar.

Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama, dua ormas besar di Indonesia, didirikan oleh dua orang besar, Kiai Ahmad Dahlan dan Kiai Hasyim Asy’ari. Ketika menyimak film yang mengisahkan kedua orang besar tersebut, kita jadi mafhum bahwa keduanya adalah bibit terbaik yang tumbuh dari alam Indonesia satu abad yang lampau. Mereka lahir, besar, belajar, dan berkhidmah untuk sepenuhnya Indonesia.

Read More

Dari sekian banyak kisah orang besar lainnya tidak lepas dari bagaimana mereka mengelola jiwanya untuk melahirkan kerja-kerja besar berdampak besar pula. Mereka adalah pembuka jalan; jika orang biasa berpikir mencari jalan, maka mereka berpikir beyond itu, yakni: bagaimana membuka jalan.

Kisah para pembuka jalan itulah yang saat ini banyak terkubur dalam kata-kata di teks-teks yang tersimpan di perpustakaan. Atau, terpendam tak produktif di dalam komputer, laptop, atau storage miliki ‘manusia modern’ yang senang koleksi tapi tak ada waktu untuk membaca.

Akhirnya, kita lihat banyak lahir orang pintar tapi jiwanya lemah. Akhirnya, kita saksikan banyak orang berprestasi tapi tuna hati, nggak punya hati. Para pembuka jalan yang beberapa namanya kita sebut di atas telah selesai masa tugasnya. Kini, seharusnya lahir kembali atau perlu kita lahirkan kembali para pembuka jalan baru yang hatinya kuat dan juangnya untuk semua.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

27 comments