Warga Desa Lumu, Swadaya Membuat Jembatan Darurat

Sejumlah warga Desa Lumu, Kecamatan Budong-Budong, Kabupaten Mamuju Tengah, Secara swadaya membuat jembatan darurat untuk mengantisipasi kerusakan jembatan umum yang merupakan akses vital bagi mereka (Sabtu 21/5/2022).

Kades Lumu, Gazali Hz, bekerja sama dengan Badan Permusyrawatan Desa (BPD) menjawab atas keluhan masyarakat terhadap jembatan tersebut, dengan mengarahkan seluruh aparat Desa, dari Kepala Dusun hingga Warga untuk bersama-sama membantu membenahi jembatan.

Read More

Perbaikan ini, Kata Gazali, guna memperlancar arus angkutan hasil pertanian dan perkebunan masyarakat desa lumu dan merupakan akses menuju ibu kota Daerah.”Kalau jembatan ini tidak segera diperbaiki Maka warga yang ada di Desa Lumu akan terisolir dan hasil perkebunan juga kena imbasnya* Terangnya.

Tidak Hanya itu, Para tokoh pemuda yang ada di Desa Lumu, ikut mengambil perang dalam kemajuan desanya, seperti yang disampaikan Ketua Persatuan Pemuda Lemba (PEMULA) Sidik Munandar, menurutnya pemuda harus juga mengambil perang dalam perbaikan desa, berbaur dengan masyarakat, bergotong royong, demi kepentingan masyarakat dan bangsa.

Sebelumnya, jembatan umum yang menghubungkan ke Desa Salumanurung dikabarkan rusak bagian lantai jembatan Dan warga setempat berinisiatif untuk membenahi bagian lantai tersebut dengan menggunakan kayu, namun berselang beberapa bulan kemudian Kayu tersebut banyak yang rusak dan lapuk, sehingga akses jembatan cukup menghawatirkan pengguna jalan.

Diketahui, menurut Pengakuan Kepala Dusun Lemba induk Pak Mannang, Tujuan membuat jembatan Darurat tersebut kedepan akan mengupayakan untuk mempermanenkan jembatan dengan cara mencor bagian lantai. Oleh karenanya warga membuat jembatan darurat agar pengguna jalan lain bisa melewatinya pada saat perbaikan jembatan.

“Jembatan darurat ini, disamping mengantisipasi Jembatan Umum Roboh, juga dipersiapkan untuk akses masyarakat apabila jembatan umum di cor lantainya” Ujarnya.

Ia melanjutkan, bahwa ia sangat mengharapkan partisipasi dan bantuan masyarakat secara Swadaya terutama pemerintah Daerah dan Desa demi kepentingan bersama.

“Terus terang kami sangat membutuhkan bantuan masyarakat dan uluran tangan secara Swadaya demi kepentingan ta’ dan jalanta’ menuju Kota” Tutupnya.

Citizen Reporter: Ridwan Jasmawi

Related posts